ads

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al Fatihah

Deruankalbu |kali ini ingin sekidit memperluas tentang manfaat dan keutamaan surat al fatihah.
http://deruankalbu.blogspot.com
Surat Al fatihah

Surat al fatihah disebut ummul Qur'an, dikarenakan Surat Al-fatihah berada di permulaan dari beberapa surat  yang ada dalam Al-Qur'an.

Begitupun basmalah yang bergandeng dengan Surat Al Fatihah, ulama berbeda pendapat mengenai apakah basmalah termasuk ikut surat Al-fathah Atau tidak. Pengen tau? Insha allah akan dijelaskan ditulisan selanjutnya.

Yang mana basmalah sendiri juga sangat memiliki banyak keutamaan. Dikutip dari penjelasan yakni " كل امر لا يبتدأ ببسم الله فهو اقطع" segala sesuatu yang tidak di awali basmalah maka barokahnya sedikit.

Pepatah mengatakan seseorang yang hendak membaca al qur'an tidak di dahului dengan al fatihah ibarat makan tanpa mencuci tangan.

Makan tanpa didahului cuci tangan selain memang pada awalnya jorok, juga tangan meruapakan organ tubuh yang digunakan untuk melakukan sesuatu, dan pasti bersentuhan dengan benda lain.

Begitu juga orang yang hendak membaca al quran tanpa diawali dengan surah al fatihah maka dia akan mudah diganggu oleh syaitan.

Surah Al Fatihah merupakan sebuah surah yang paling sering dibaca, selain surat al-fatihah meruapakan surat yang wajib di baca dan menjadi syarat wajib dan syahnya sholat.

Tetapi jarang sekali diantara kita yang tidak memahami tentang isi dari pada surat al fatihah, begitupun keutamaan-keutamaannya yang begitu banyak.

Mari kita ketahui keutamaannya dengan tujuan kita dapat menambah nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepadanya.


Salah satu (keutamaan dan manfaat membaca surah al-fatihah)



Banyak sekali manfaat dan keutamaan-keutamaan yang dimiliki surat al fatihah dan merupakan surah yang diturunkan dikota mekkah yang terdiri dari dari 7 ayat.

1. Dijauhkan dari berbuat prilaku yang menyimpang.
Maksutnya keimanan kita dapat kokoh ketika mengingat bahwa kandungan ma'na dari surat al fatihah di ayat terakhir.

2. Dimudahkan untuk mencari rezki.
Dikatan oleh beberpa ulama bahwa saat membaca " ايا نعبد واياك نستعين" ketika hajatnya ingin segera terwujud berdo'alah dalam hatinya apa yang di inginkan. Lebih-lebih masalah rezki.

2. Di angkat derajatnya.
Siapa saja yang bertaqwa kepada allah dan juga memiliki beberapa keistiqomahan maka muncullah nur dan wibawa bagi meraka yang bertaqwa.

Apakah pernah merasakan saat melihat orang yang rajin ibadah seakan hati kita tenang? Insha allah pernah bukan? Dan seakan kita memiliki rasa sungkan padanya bukan? Itulah keutamaan dari orang yang bertaqwa.

3. Dibersihkan hatinya dari segala sifat yang tercela menjadikan rajin. 

Yang membaca surat al fatihah saat selesai sholat fardhu insha allah, akan dijauhkan dari beberapa gangguan yang membuat malas, dan akan diberi keteguhan dalam berfikir.

4. Tidak mudah putus asa.

5. Di jauhkan dari syaithon.

6. Dijauhkan dari kegundahan.

7. Selain itu surah al-fatihah memiliki kelebihan dapat menyembuhkan sengatan kalajengking suatu riwayah.

Dizaman rosulullah ketika seorang sahabat terkena gigitan kalajengking nabi muhammad meminta pertolongan kpada allah melalui lantaran dibacakan surah al-fatiha.

8. Seseorang yang memiliki hajat baik, dianjurkan untuk membaca surat al fatihah setelah selesai sholat agar hajatnya segera terkabul.

9. Selain itu membaca surat al fatihah seperti ibarat membaca sepertiga dari al quran yang mulya.

10. Untuk orang yang sering diganggu oleh mahkluk halus maka bacalah surah al fatihah untuk membentengi diri dari gangguannya isnsyaallah jika dibaca dengan istiqomah makhluk halus akan menjauh dan tidak akan mengganggunya lagi.

Semoga dengan kita telah mengetahui keutamaan membaca surah al fatihah bisa lebih giat lagi melakukan kesunnahan-kesunnahan membacanya dengan hati yang dipenuhi keikhlasan.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.