ads

Keutamaan Dan Manfaat Membaca Surat Yasin

Deruankalbu| Surat yasin, pastinya tidak asing lagi kan dipendengaran kita, biasanya jamaah muslimin wal muslimah menyebut mengadakan kumpulan majlis untuk membaca Surat Yasin.
http://deruankalbu.blogspot.com
Ilustration

Dengan keistiqomahan yang dilakukan pada hari-hari tertentu membaca yasin secara berjamaah disebutlah dengan nama kumpulan Yasinan.

Dan terbanyak dan popular yakni dilakukan pada hari kamis malam jumat. sebenarnya tidak hanya dilakukan pada malam jumat saja, tetapi bisa dilakukan pada hari hari selainnya baik hari senin, selasa, rabu dan seterusnya.

Hanya saja pada malam jum'at memiliki keistimewaan dibanding dengan hari-hari lainnya. Yang ibarat bulan Ramadhan dengan bulan bulan lainnya.

Banyak sekali (Keutamaan atau Fadhilah membaca Surat Yasin) semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah semngat untuk istiqomah membacanya baik sendirian maupun berjamaah. Ini dia:

Keutamaan Atau Fadhilah Membaca Surat Yasin


1 hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah Nabi Bersabda: Hari terbaik dimna hari itu terbitnya mataharo ialah hari jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan , dimasukkan surga serta keluar darinya, dan kiamat tidak akan terjadi kecuali hari jum'at."

2. Dawuh Abu Hurairah Nabi muhammad pernah bersabda:sesungguhnya pada hari jumat terdapat waktu yang mustadjab bila seorang hamba muslim melaksanakan sholat dan memohon pada Allah pada waktu itu, Niscaya Allah akan mengabulkannya. Nabi muhammad mengisyaratkan  dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitny waktu itu.

3. Hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah , dan Kanzul Umai : barang siapa yang membaca surah yasing setial malam maka sia akan diampuni.

4. Barang siapa yang membaca surah yasin diwaktu malam, maka diwaktu shubuh ia menjadi orang yang mendapatkan ampunan.

5. Tiada orang akan mati, lalu dibacakan surah yasin disisinya, kecuali allah akan memudahkan kematiannya.

Dapat disimpulkan setelah sahabat membaca dengan teliti dapat dicerna bahwa memang surah yasin dan keutamaan malam jum'at memang memiliki rahasia tersendiri

Hal ini dibuktikan dengan perintah nabi terhadap Ali bin Abi thalib: pada suatu saat nabi pernah mengajarkan pad Ali bin Abi tholib agar bangun disepertiga malam, tak lain untuk mendirikan sholat malam dan membaca surah yasin pada malam jum'at.


Manfaat Yang Ada Pada Surat Yasiin Yang Sangat Bermanfaat:



1. Surah yasin didalamnya mengupas penjelasan  tentang keimanan seorang muslim, dengan ditandai dengan adanya hari kebangkitan kelak setelah kiamat.

jika seseorang sadar betul akan isinya pada saat membaca dihayati dengan artinya maka sahabat akan merasakan betapa liciknya dunia ini yang membuat diri sahabat diombang ambing oleh dunia.

2. Selain itu surah yasin dapat memudahkan seseorah hendak menghembus nafas terakhir/ sakaratul maut.

Jadi jika dari keluarga tetangga dan orang yang sakaratul maut hendaklah bacakan surah yasin, maka insha allah akan dimudahkan oleh allah.

3. Pendapat ulama ada yang mengatakan yasin adalah jantung Al quran siapa saja yang membacanya semata- mata krena Allah , dan berharap kebahagiaan didunia dan akhirat, maka ia akan diampuni segala dosanya.

Semoga bermanfaat, dan dapat menambah keimanan dan keistiqomahan untuk melaksanakannya. Amiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.