ads

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk Atau Tabarok

http://deruankalbu.blogspot.com
Gambar: Al Qur'an al kariim
Deruankalbu| Sebenarnya penjelasan ini sudah melebar luas tidak hanya dari kalangan santri kepada masyarakat, bahkan beberapa buku-buku yang menjelaskan mengenai keutamaan-keutamaan dalam Al-Qur'an.

Begitu juga mengenai ulasan ini ( Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk Atau Tabarok).

Surat Al Mulk adalah surat yang berada pada awal  juzz 29, berada pada urutan surah nomer ke 67, yang surah Al-Mulk ini tergolong surat makiyah, surah yang diturunkan dikota mekkah.

Dalam surah al mulk terdapat beberapa penjelasan yang menerangkan tentang kekuasaan-kekuasaan Allah.

Penjelasan itu meliputi dari menciptakan bumi yang kosong sampai diciptakannya makluk, yang diturunkan kebumi.

Keterangan mengenai dzat Allah yang berhak mematikan dan menghidupkan sesuai kehendaknya, bahkan menjelaskan beberapa kesempurnaan bumi yang tiada celanya.

Siapakah yang tidak dengar tentang keistimewaan surah Al- mulk, pastinya banyak dikalangan pesantren yang telah menjalankan rutinitas itu, dan memahami keutamaan-keutamaanya.

Tetapi tidak jarang juga yang masih belum mengetahui dan memahaminya keutamaan-keutamaannya. Semoga bermanfaat dengan tertulisnya artikel ini dengan beberapa tujuan.

Tujuan dari kita memeahami dan mengetahui keutamaan Al-Mulk ialah, untuk menambah ketaqwaan kita pada Allah, dan menyadari akan keberadaanya di bumi.

Ini dia penjelasan (Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk Atau Tabarok) yang banyak.

1. Hadist nabi muhammad saw:

.سورة من القرأ ثلاثون تشفع لصحبها تبارك الذي بيده الملك وفي رواية  فاخرجته من النار واخلته الجنه

Artinya:
"Satu surah dalam al quran ( yang terdiri dari ) tiga puluh ayat ( di hari kiamat ) akan memberi syafaat bagi orang yang selalu membacanya, sehingga allah mengampuninya, yaitu surah al-mulk, maha suci allah yang ditangannyalah kekuasaan/ kerajaan, dan dia maha kuasa atas segala sesuatu."

dalam riwayat lain: ... Sehingga dikeluarkan dia dari nerak dan dimasukkan kedalam syurga. 

Diatas menyebut siapa yang membaca surah al-mulk maka dia akan diampuni oleh allah dosa-dosanya, dikeluarkan dari neraka allah yang pedih, dan dimasukkan kedalam syurga allah yang paling indah. 

2. Di jauhkan dari maksiat.
Didalam surah al-mulk, bahwasannya dijelaskan barang siapa yang takut pada allah, dia akan tetap taat sekalipun tidak ada yang tau, maka dari itu orang yang bertaqwa taat pada allah maka dia tidak akan lengah dalam menjaga amaliyahnya.

3. Menjadikan sebagai orang yang bertawakkal.
Dalam surah al-mulk juga menyebutkan bahwa orang yang tawakkal ialah orang yang bekerja, berdagang dll jadi yang dimaksudkan tawakkal ialah orang bekerja pekerjaan yang halal. Tidak hanya berserah diri kepada allah saja.

Memebaca surah al-mulk dapat dilakukan kapan saja, namun yang paling dinjurkan ialah ittiba' dan mengikuti lelampah nabi yakni sebelum tidur, dan dianjurkan untuk berdzikir pada allah sebelum hendak tidur malam.

Semoga dengan kita mengetahui sedikit cuplikan tentang surah al-mulk, kita dapat memetik manfaat.

Begitu juga dapat melaksanakannya secara istiqomah dan diberikan kesemangatan dan ketabahan, kesabaran dalam beramal ibadah.

Dimana waktu tidak hanya terbuang sia-sia dengan pekerjaan yang kurang bermanfaat dan berguna. Amiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.