ads

Ciri Ciri Wanita Yang Tidak di Anjurkan Dinikahi (Imam Al Ghazali).

Deruankalbu |Alhamdulillah, selamat berjumpa kembali di blog yang membahas seputar kajian islam dan psikologi, kali ini ingin saya paparkan apa-apa yang harus diketahui oleh sahabat adzam.
http://deruankalbu.blogspot.com
Gambar : Ilustration
Apakah itu? Pastinya bagi kaum adam selalu berangan untuk memiliki calon pendamping yang sholeha, namun jangan terlena atas kecatikan yang hanya sekedar tampilan saja, yang terpenting adalah dhzohir dan batinnya yang baik, dan be-rakhlaqul karimah, begitu pula lebih penting yaitu wanita yang takut untuk berma'siat pada allah swt.

Untuk itu jangan salah pilih dalam menentukan pendamping hidup, kareana hal tersebut merupakan cermin untuk anak cucu kita.

Banyak cara untuk memilih wanita yang dianjurkan oleh para ulama' terdahulu baik dibuku-buku yang sudah dirangkum dan diringkas dan juga dibeberapa kitab-kitab klasik yang menjelaskan perihal kewanitaan, semisal salah satunya yaitu dikitab karya Imam Al-Ghozali yang popular  Ihya' ulumuddin dalam bab Nikah. didalamnya dijelaskan  tentang seputar wanita.

Salah satunya ialah (Wanita yang tidak dianjurkan untuk dinikahi.)

Saran! Untuk para pemuda yang masih belum memiliki pasangan jangan selalu mengandalkan pada kata " jodoh ada ditangan tuhan (Allah)" karena Takdir allah yang sudah tertulis bisa dirubah yang salah satunya dengan berusaha dan berdoa.

Menurut Iman Al Ghozali kriteria wanita yang tidak dianjurkan untuk dinikahi ada 6 macam kriteria.

Kriteria wanita yang tidak dianjurkan dinikahi  
  1.  Al Annanah
  2. Al Mannanah
  3. Al Hananah
  4. Al Haddwah
  5. Al Barraqah
  6. As Syaddaqah
Penjelasan :
Annanah

Tipe dari karakter ini ialah wanita yang suka mengeluh dari setiap keadaan yang dia jalani, dan selalu mengadukan keadaannya pada sang suami. Akibatnya sang suami merasa lebih berat tanggung jawabnya baik secara dhohir maupun bathin merasa berat.

Mengeluh tidak akan mendatangkan kemaslahatan dalam keluarga, bisa-bisa malah akan mendatangkan permasalahan permasalahan ang tidak di inginkan.

Al Mananah
Tipe atau karakter ini ialah wanita yang suka mengungkit-ungkit kebaikan dan jasanya pada keluarga, Seakan hanya dia yang mendapat dan berperan menghasilkan sesuatu dalam keluarga.

Sebabnya akan mengurangi keharmonisan dalam keluarga dan akan menimbulkan banyak kontroversi secara materi, lebih lebih akan membuat kehilangan akhlaq pada suami.

Al Hananah
Tipe ini adalah tipe wanita yang suka menceritakan dan membanggakan orang dimasalalunya. Tanpa memikirkan perasaan suami yang akan muncul rasa tersinggung.

Pada intinya tipe ini prkataannya menyindir sang suami dengn menceritakan apa yang orang lain miliki, lebih lebih jika dia janda, menceritakan mantan suaminya. Menceritakan harta dan penghasilan saudara yang menyindir suminya.

Al Haddaqah
Tipe wanita ini adalah tipe yang selalu mengikuti perkembangan zaman, baik pakain,make up dan lainnya. Singkatnya wanita ini adalah wanita yang belanjanya terlalu banyak, tanpa memikirkan keadaan suami.

Dan karakter yang seperti ini juga dapat disebut wanita yang boros, tidak bisa mengontrol ekonomi dalam keluarga dan cenderung memikirkan diri sendiri.

Sebabnya sang suami bisa jadi gulung tikar dalam bisnis, maupun banyak hutang dimana-mana.

Al Barraqah

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa ada dua makna al Barraqah.

1. Tipe wanita yang hanya mengutamakan berhias diri sepanjang hari lebih lebih memperlihatkan auratnya agar dipuji bahwa dia tercantik yang berlebihan yang tidak ada niat untuk membuat suami bahagia.

2. Tipe wanita ini ialah tipe wanita yang  tanpa alasan yang pasti murung dan  mengunci pintu dalam kamarnya.

Sebabnya hal ini akan mengurangi keharmonisan dalam keluarga karena tanpa ada penyebab yang pasti tanpa ada konsultasi ke  sang suami. yangakan dan suka mengurung diri sendirian.

Asy Syaddaqah
Tipe ini adalah tipe wanita yang perkataannya selalu bersifat komentar dan cenderung nyocot atau dengan nada yang cepat dan lantang. Yang mana sifat ini lebih suka berkomentar dan tidak menghargai usaha seseorang.

Sebabnya menikahi wanita seperti ini akan selalu mendatangkan emosi dan tidak bisa menjaga akhlaqnya baik dikapangan umum maupun tidak.

Itulah penjelasan tentang kriteria perempuan yang tidak dianjurkan dinikahi, semoga anda dapat menemukan pasangan yang pas untuk anda, namun dalam keluarga ketentraman dan keindahan tidaklah diperoleh dari hal yang mewah saja, kebahagiaan muncul dari seberapa kita mensyukuri pemberiannya.

Untuk masalah ini sebenarnya hanya anjuran karena yang menjadi sopir dalam kluarga adalah suami. maka suamilah yang memiliki tanggung jawab sepenuhnya perbuatan istrinya.

Carilah kelemahannya agar mudah untuk dituntun kejalan yang lurus, pakailah dengan cara halus untuk mendidik dan menumbuhkan karakter yang baik, ijinkanlah permintaannya namun jangan sampai melewati batas ketentuan dalam berkeluarga.

Seumpa pada akhirnya tetap saja dan melawan maka terserah anda jika memng menurut anda akan masih berubah suatu saat maka mengalah dan sabarlah mohonkan pada tuhan agar hatinya luluh, karena makhluk dibumi ini hanya miliknya.

Semoga bagi yang belum memiliki pasangan bisa segera mendpatkan pasangan yang tidak memiliki sifat seperti diatas aamiim, berakhlaqul karimah, sopan, dan memiliki rasa kasih sayang kepada orang tuanya, dan paling sempurna adalah patuh pada suaminya, karena hak istri sudah beralih pada tangan suaminya.

Selain dari pada itu bagi pembaca perempuan yang budiman semoga tidak slah faham atas tulisan ini, maksut kami berniat baik tidak ada yang memberatkan antara perempuan dan laki-laki. Semoga bermanfaat aamiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.