ads

Keutamaan Mengerjakan Shalat Tahajjud Dengan Istiqomah

Deruankalbu|Siapa yang tidak pernah mendengar keutamaan dan manfaat dari melaksanakan shalat Tahajjud,  pasti semua kalangan muslim dan muslimah banyak mendengar bahkan banyak yang melaksanakan.
http://deruankalbu.blogspot.com
Ilustration Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajjud
Semua orang ingin mendapat kemulyaan dari allah swt baik dunia maupun diakhirat dengan melakukan melakukan kesunnahan yang dianjurkan oleh Nabi kita.

Banyak ibadah selain ibadah wajib yang sangat dianjurkan oleh nabi kita untuk ditunaikan seperti sholat tahajjud, shalat sunnah rawatib, puasa dan sebagainya.

Dalam beberapa kajian banyak menjelaskan mengenai keutamaan melakukan ibadah sunnah Shalat Tahajjud yang sangat dianjurkan ini.

Tetapi pernahkah terbesit tentang keutamaan yang dimiliki surah tahajjud sendiri? Pastinya ini banyak yang belum mengetahuinya bukan.

Mungkin dengan mengetahui keutamaannya ibadah dan semngat kita kembali tumbuh dengan subur, dan kabulkan segala hajat baiknya.

Ayat Al-Qur'an yang menjelaskan anjuran melaksanakan sholat Malam atau shalat tahajjud :

وذكر اسم ربك بكرة واصيلا ومن اليل فاسجد له وسبحه ليلا طويلا

Artinya: sebutlah nama Rab-mu pada waktu pagi dan petang, dan pada sebagian dari malam bersujudlah dan bertasbihlah, pada bagian yang panjang dimalam hari. ( Al-insaan : 76 ).

واصبر لحكم ربك فانك باعيننا وسبح بحمد ربك حين حين تقوم ومن اليل فسبحه وادبار النجوم

Artinya: Dan bersabarlah dalam menunggu ketatapan Rabmu, maka sesungguhnya kamu berada dalampenglihatan kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabmu ketika ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepadanya pada beberpa saat dimalam hari dan diwaktu terbenamnya bintang-bintang. ( At-thuur, 48-49 ).

Dari anjuran allah kepadanya nabinya diatas sungguh betapa mulyanya malam hari, banyak keutamaan keutamaan yang allah tunjukkan pada ummatnya namun ummatnya yang sering lupa padanya.

Mari kita baca sejenak beberapa keutamaan keutamaan sholat tahajjud agar lebih khusu' pada saat melaksanakannya.

1. Mendapat syurga allah.
Tertera dalam hadist yang diterangkan oleh nabi muhammad, barang siapa yang melaksanakan sholat tahajjud maka syurgalah untuknya.

Syurga juga impian setiap manusia baik beragama islam maupun yang lain, kecuali orang yang tidak memiliki agama maka tidaklah dia memiliki satu keyakinan untuk mendapatkan syurganya allah swt.

2. Akan dikabulkan hajatnya
Seseorang yang melakukan sholat tahajjud sampai akan masuk waktu shubuh maka dia akan dikabulkan semua doa'doanya.
Dalam hadist lain dijelaskan sebagaimana berikut:

"Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat ( waktu ) tidaklah seorang muslim memohon kepada allah, kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, bertepatan dengan saat tersebut, melainkan dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam". (HR. Bukhori dan muslim ).

3. Mendekatkan diri pada allah.
Mendekatkkan diri pada allah adalah suatu bentuk komunikasi antara makhluq dengan tuhannya.

Dimana pada waktu itu pula mereka akan merasakan ketenangan baik melawan hawa nafsu, maupun kesulitan dalam dunia karena allah menjanjikan kepada mereka yang senang beribadah malam dan mengabulkannya.

4. Tergolong orang terpuji.
Dalam suatu hadist diterangkan bahwa orang yang sholat malam sholat tahajjud, insha allah akan diangkat derajatnya oleh allah dan digolongkan pada sebagian orang orang yang terpuji, baik didunia maupun di akhirat kelak.

Siapa yang tidak menginginkan hal itu, pasti setiap manusia menginginkan menjadi orang yang terpuji dimata manusia dan dihadapan allah swt.

5. Di jauhkan dari gangguan syaithon.
Manusia setiap saat tidur diganggu oleh syaithon yang terkutuk dengan beberpa gangguan, dalam hadist menyatakan :

Syaithan mengikat ujung kepala dan tengkuk seseorang diantaramu pada saat tidur dengan tiga ikatan, pada setiap ikatan syaithan berkata:

"malam masih panjang atau lama, maka tidurlah."

Jika seseorang diantaramu itu bangun kemudian berdzikir pada allah swt, maka lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah satu ikatan lagi, dan apabila ia sholat, maka lepaslah semua ikatan itu.

Sehingga ia memasuki pagi dengan kesegaran dan ketenangan. Jika ikatan-ikatan syaithan itu tidak terlepas, maka ia akan memasuki pagi dengan jiwa yang tidak tenang dan pemalas. ( diriwayatkan oleh abu khurairah ).

Itulah beberapa keutamaan - keutamaan yang dapat dijelaskan semoga dengan mengetahuinya dapat menambah kekhusyu'an kita dalam beribadah baik sunnah maupun ibadah wajib

Maka alangkah baiknya ilmu yang didapat untuk disalurkan kepada yang lain agar pahala yang kita dapat, terus tersambung sampai kelak menjadi jaminan diakhirat. aamiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.